10 Seni Beladiri Terpopuler Asal Eropa

Seni bela diri merupakan satu kesenian yang timbul sebagai satu cara seseorang untuk mempertahankan diri. Seni bela diri pada mulanya berkembang di medan pertempuran sebelum secara perlahan-lahan  berkurangan seiring dengan penggunaan senjata moden yang mulai digunakan secara berleluasa, seni bela diri mulai berkembang dikalangan mereka yang bukannya anggota tentera tetapi merupakan orang awam. Boleh dikatakan seni bela diri terdapat merata di dunia ini dan hampir setiap negara mempunyai seni bela diri, tak terkecuali kawasan eropa, kawasan yang sudah didominasi senjata canggih ini ternyata memiliki beberapa seni beladiri yang cukup populer dan di gandrungi sebagai gaya hidup di zaman modern. berikut ini 10 seni beladiri terpopuler asal eropa :

1.  Savate dari Perancis
Savate, atau Prancis Boxing, dikembangkan pada akhir 1700 dan dikatakan telah dikembangkan di kapal-kapal berlayar perancis Samudra Hindia dan Laut Cina Selatan, di mana mereka belajar teknik menendang dari budaya Asia. Savate pertama kali diakui di Marseille, pelabuhan penting di selatan Perancis di mana para pelaut dari berbagai negara datang bersama-sama. Dalam seni beladiri savate mengkombinasikan antara pukulan dan tendangan, sekilas savate memang mirip muay thai, namun pada kenyataannya jauh berbeda dalam savate tidak terdapat serangan yang memanfaatkan dengkul ataupun sikut.

2. Anti Terror Kampf dari Jerman
Anti Terror Kampf atau disingkat ATK adalah beladiri asal jerman yang dikembangkan pada tahun 60an di Amerika. ATK di cipatakan oleh  Atlet dari gaya bertarung yang berbeda mengembangkan sebuah sistem yang murni hanya untuk tujuan pertahanan diri. ATK bukanlah olahraga, tetapi bentuk pertahanan diri - dengan dan tanpa lengan. ATK sangat bagus untuk orang-orang yang secara fisik lebih lemah. ATK digunakan oleh banyak karena efektivitasnya dan layanan keamanan untuk perlindungan pribadi.

3. Krav Maga dari Israel
http://dwieriezky.files.wordpress.com/2012/11/krav-maga2.jpg
Krav Maga adalah sebuah seni bela diri militer tangan kosong yang dikembangkan di Israel. Teknik dari Krav Maga menekankan pada netralisasi ancaman maksimum dalam konteks "kehidupan nyata". Sistem ini diakui keunggulannya karena telah diadopsi oleh Pasukan Pertahanan Israel dan juga badan-badan penegak hukum internasional lainnya seperti FBI, Mossad, SWAT, dan lain-lain. Tidak ada aturan baku dalam pertarungan Krav Maga. Baik pria maupun wanita menjalani metode latihan (drill) yang sama. Krav Maga tidak memiliki badan olahraga serta seragam resmi, walaupun beberapa organisasi mengenalkan sistem pangkat atau tingkatan berbeda dalam sistem kepelatihannya. Krav Maga pada pada dasarnya menekankan keselamatan diri penggunanya sambil berusaha melumpuhkan lawannya dengan cara apapun yang bisa dilakukan. 

4. Sambo dari Rusia
http://dwieriezky.files.wordpress.com/2012/11/sambo4_copy.png
Sambo (bahasa Rusia: самбо) adalah seni bela diri modern yang dikembangkan di Uni Soviet. Kata Sambo kadang ditulis dengan huruf besar "SAMBO" dan merupakan akronim dari САМооборона Без Оружия (SAMooborona Bez Oruzhiya), artinya "bela diri tanpa senjata". Sambo didasarkan pada gulat tradisional Armenia, Georgia, Moldova, Uzbekistan, Mongolia, dan Azerbaijan. 

5. Kurash dari Uzbekistan
Kurash
Kurash adalah olahraga beladiri gulat yang populer di negara negara Asia Tengah. Kurash adalah ilmu beladiri kuno yang mengharuskan kedua pesertanya saling melempar satu sama lain untuk mendapatkan poin. Olahraga ini pertama kali dilombakan pada Asian Games, Doha 2006. Asosiasi Internasional Kurash berada di Uzbekistan.

6. Gulat Highland dari skotlandia
http://cdn.gaptekupdate.com/wp-content/uploads/2011/05/Gulat-Highland.jpg
Orang Skotlandia telah dikenal sebagai pejuang yang ganas, tapi hanya sedikit yang membandingkannya dengan Jackie Chan dan William Wallace walaupun kebanyakan orang Skotlandia menjalani banyak latihan seni bela diri. Gulat Highland adalah jenis pertarungan pertama yang diajarkan pada anak muda Skotlandia, biasanya teknik-teknik keluarga diturunkan dari ayah ke anaknya. Tercatat bahwa seringkali ksatria Inggris tertangkap basah oleh keahlian orang Skotlandia yang tanpa senjata yang bisa menyeret baju lapis baja dan kuda mereka dengan mudah. Gulat Highland sekarang ini terutama digunakan oleh kelompok reenactment (kelompok yang membuat simulasi dari kejadian sejarah) dan tertinggal dalam sejarah karena banyak tekniknya yang hilang seiring berjalannya waktu. 

7Pankration dari Yunani
http://0.tqn.com/d/ancienthistory/1/0/a/c/2/46390979_e77a3c886c.jpg
Olimpiade Yunani kuno memang brutal pada umumnya, tetapi yang paling brutal dari acara-acara tersebut ada Pankration, yang kurang lebih artinya “Tanpa aturan”. Dalam pertandingan ganas yang merupakan kombinasi dari tinju dan gulat ini diperbolehkan melakukan apapun, mulai dari pukulan ke pangkal paha, mencolok mata, bahkan mematahkan jari. Maksud daripertandingan ini adalah supaya meyakinkan kalau setiap pria di kota siap untuk menjadi militer, dan teknik dari Pankration akan berguna ketika melawan gerombolan barbar. Sekarang, masyarakat Yunani masih melatih Pankration sebagai olahraga dan teknik yang dikembangkan ribuan tahun tersebut membuatnya menjadi seni bela diri campuran.

8. Tinju dari Bangsa Romawi dan Yunani Kuno
Tinju adalah olahraga dan seni bela diri yang menampilkan dua orang partisipan dengan berat yang serupa bertanding satu sama lain dengan menggunakan tinju mereka dalam rangkaian pertandingan berinterval satu atau tiga menit yang disebut "ronde". Baik dalam Olimpiade ataupun olahraga profesional, kedua petarung (disebut petinju) menghindari pukulan lawan mereka sambil berupaya mendaratkan pukulan mereka sendiri ke lawannya. Pertandingan tinju yang pertama tercatat dalam sejarah adalah antara lain melawan Abel. Kitab mahabrata juga mencatat pertandingan-pertandingan tinju, hal mana mendahului pencatatan cerita-cerita perkelahian di antara bangsa Yunani, Romawi, dan Mesir. Petinju terkenal pertama berkebangsaan Yunani bernama Theagenes dari Thaos yang menjadi juara Olympic Games 450 Masehi. Ia melakukan pertandingan sebanyak 1.406 kali dengan menggunakan cetus sarung tinju yang terbuat dari besi. Kebanyakan dari lawan-lawan itu tewas ketika bertarung melawannya. Meskipun boxing terkenal berabad-abad lamanya sebagai suatu bentuk hiburan, namun seorang Inggris yang bernama James Ping adalah James Broughton, juara britania, yang juga merupakan orang pertama yang menggunakan sarung tinju. Peraturan dan sarung tinju ini di perkenalkan pada tanggal 10 Agustus 1973. 

9. Anggar
http://klimg.com/merdeka.com/i/w/photonews/2012/07/30/73389/540x270/atlet-anggar-beraksi-di-olimpiade-2012-london-002-mudasir.jpg
Anggar adalah seni budaya olahraga ketangkasan dengan senjata yang menekankan pada teknik kemampuan seperti memotong, menusuk atau menangkis senjata lawan dengan menggunakan keterampilan dalam memanfaatkan kelincahan tangan. Dalam artian lebih spesifik, anggaran adalah satu satu cabang olahraga yang diajarkan di sekolah - sekolah Eropa pada masa lalu dalam melatih keahlian dalam menggunakan senjata tajam yang akhirnya menjadi salah satu olahraga resmi di Olimpiade. 

10. Gulat
http://www.riaukita.com/foto_berita/63gulat.jpg
Gulat adalah kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat adalah joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Teknik ini dapat menyebabkan luka yang serius. Banyak gaya gulat yang diketahui dunia dan mempunyai sejarah yang panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun.